Akhir 2018 Bitcoin Anjlok, Para Pedangan & Penambang Merugi

INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Anjloknya harga Bitcoin dan  semua cryptocurrency (Uang Digital)  yang terjadi 6 bulan terkhir, membuat para pedangan dan penambang mengalami kerugian yang signifikan. Penurunan tersubut baru kali ini terjadi mempengaruhi semua pelaku bisnis dalam industri cryptocurrency, baik pedagang kecil maupun investor besar.

Tepat Tahun Lalu Desember 2017 harga Bitcoin menyentuh harga tertingginya diangka 290 juta, hal ini diperedisi banyak pengamat di tahun 2018 harga bitcoin bisa menyentuh angka 300-400 juta. Namun sebaliknya  Desember 2018 harganya hanya kisaran 55juta per bitcoin.

Kini hampir semua mesin penambang menghentikan aktifitasnya karena terus merugi, Sebut saja Perusahaan tambang Bitmain  yang melaporkan 1,3 juta penambang telah menghentikan aktifitasnya  karena harga bitcoin terus jatuh. Para penambang kecilpun yang menggunakan software penambangan tidak mendapatkan apa-apa semalam 6 bulan terakhir. Begitu juga robot-robot trader malah menghasilkan angka munus dalam perdagangan cryptocurency ini.

Warga Tanjung Priok bernama Syafar seorang trader di indodax menggunakan robotcrypto mengatakan saya tidak berdaya mengalami anjlok parahnya bitcoin ini, bahkan bila terus dijalankan robotnya menghasilakn angka minus alias rugi, begitu juga Ibu Anggun warga Bojongkulur Bogor, yang melakukan trader manual di Indodax mengatakan assetnya habis 300 kali lipat dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.

Surya Fadhillah seorang pelajar yang juga warga Bekasi penambang Crypto dengan menggunakan sofware Minergate yang perbulannya bisa meraup jutaan rupiah dengan computer pribadi  yang upgrade VGA spesifikasi tinggi, dalam 6 bulan terkhir terus merugi tidak mendapatkan hasil sama sekali, kerugina terjadi karena harus mengaktifkan komputer 24jam terus menerus yang membengkaknya tagihan listrik. hal sama juga dialamin Iding Amril yang tergiur untuk keluar kerja tahun 2017 lalu karena tergiur hasil dari perdagangan bitcoin dan cryptocurrency di indodax.

Penyebab jatuhnya harga Bitcoin dan cryptocurrency lainnya selalu menjadi perdebatan. kebijakan pemerintah yang melarang penggunaan cryptocurrency  dalam pembayaran adalah penyebab utamanya yang pada akhirnya banyak investor ramai-ramai melepas aset crytocoin. Banyak pula yang mengatakan bahwa perang hash (hard fork) sebagai penyebabnya.

Terakhir Kasus peretasan bulan lalu yang membobol koin sekitar Rp 516,5 miliar. yang disampaikan biro penukaran cryptocurrency asal Korea Selatan, Coinrail, juga mempengaruhi anjok parahnya harga Crypto.

Pemantauan akhir (22/12) harga bitcoin di indodax.com beradi kisaran 55juta rupih, mulai beranjak naik yang sebelumnya dipertengahan Deseber 2018 berada dibahawah angka 50 juta rupiah. (Muhariman)

 

  • Whatsapp

Index Berita