Teknologi Solar Panel, Mampu Menghemat Konsumsi Listrik Rumahan

muhariman, 04 Jan 2019,
Share w.App T.Me

JAKARTA - Penggunaan tehnologi solar panel sedang marak dilakukan, salah satunya rumah di Jl Swasembada Barat VII Tanjung Priok, sebagai sumber energi listrik yang digunakan untuk  penerangan rumah.

Teknologi solar Panel  itu dipasang pada atap rumah. Panel solar ini dilengkapi dengan battery dan  mampu menghasilkan daya hingga 1000 Watt/Hour bahkan lebih, tergantung panel surya yang di pasang di atap rumah dan kondisi cuaca saat itu.  kata Gusman pemilik rumah menjelaskan pada wartawan Journalist.id Jum’at  (4/1/2019).

“Penggunaan teknologi tersebut mampu menghemat antara 20 sampai 30 persen konsumsi energi listrik yang digunakan sehari-hari,",  paparnya
Penghematan energi bukanlah satu-satunya tujuan utama. Namun, peran aktif konsumen dan warga masyarakat dalam mendukung  hemat energi  dan aplikasi energi terbaru dan isu energi bersih juga menjadi tujuan untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim.

"Pada saatnya nanti, implementasi Solar panel  ini  menjadi kebutuhan bagi peningkatan efisiensi energi untuk rumah, penerangan jalan, penggunakaan listrik pada kapal-kalap nelayan, para petani dan daerah-daerah yang belum masuk aliran listrik PLN” kata Gusman

" harapan Gusman. Untuk sementara, energi yang dihasilkan dari solar panel tersebut dimanfaatkan untuk menyalakan lampu rumah sebagai contoh untuk lingkungan yang hendak menggunakan tehnologi ramah lingkingan ini. Pemanfaatan Tehnologi solar panel ini masih jarang untuk diterapkan, maka itu dengan contoh yang dibuat di rumah ini, saya mengharapkan kita tidak ketergantungan pada energi dari PLN , apalagi tariff listrik PLN cenderung naik terus. Ujar gusman mengakhiri. (Muhariman)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu